Kule tah ??

My photo
Cilegon, Banten, Indonesia
MAHASISWA JURUSAN IPI UIN SYAHID JAKARTA AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA BANTEN (HMB) JAKARTA.

Saturday, November 27, 2010

Sinopsis: "Kaum Beriman(pun) Terpedaya"

Tipu daya mempunyai berbagai rupa dan warna, sedang orang-orang yang terpedaya terdiri dari beberapa jenis dan kelompok.
terdapat keterangantentang mereka di sejumlah ayat yang mulia. Al-Qur'an yang mulia telah menyibak sumber-sumber dari tipu daya tersebut: Maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakanmu, dan jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan dalam (menanti) Allah (QS 31:33)
bagaimana dunia kita tidak menjadi tipu daya kalau setan memiliki kebebasan untuk menjalankan aksi godaan, bujukan dan penyesatan?? bukankah ia sendiri memang dijuluki si penipu, yang profesinya adalah memperdaya manusia: orang-orang beriman dari mereka maupun orang kafir, orang taat maupun durhaka, orang berilmu maupun orang bodoh. Tidak ada yang selamat dari bujukan dan godaannya selain orang yang dilindungi oleh Allah SWT.
Berangkat dari semua ini, karya Al-Ghazali dalam buku terjemahan Saifuddin Zuhri: 2003, "kaum beriman(pun) terpedaya", mengingatkan orang-orang yang terjerat tipu daya dengan membeberkan sumber-sumber tipu daya yang menjerat mereka, menjelaskan jenis-jenis serta kelompok-kelompok mereka, mengidentifikasi penyakit, dan meresepkan obatnya seraya berusaha menutup semua pintu godaan dan bujukan di hadapan setan. semua itu dimaksudkan untuk menghidarkan kita dari buruk tipu dayanya dan mengajak kita agar jauh dari wilayah kekuasaanya, agar kita juga tidak menjadi orang yang disebut oleh al-Qur'an sebagai orang yang paling merugi: Katakanlah: "Maukah kamu Aku beritahu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Itulah orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya didunia ini, sementara mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya" (QS 18: 103-104)

Isi dapat dibaca di:
Al-Ghazali, Imam. Kaum Berimanpun Terpedaya. Penerjemah: Saifuddin Zuhri. Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.

No comments: