Kule tah ??

My photo
Cilegon, Banten, Indonesia
MAHASISWA JURUSAN IPI UIN SYAHID JAKARTA AKTIVIS HIMPUNAN MAHASISWA BANTEN (HMB) JAKARTA.

Wednesday, November 24, 2010

AUTOMOTIVE STORE (E-COMMERCE)

1. LATAR BELAKANG
Pada saat ini perdagangan elektronik (E-Commerce) di dunia menjadi salah satu alternatif bagi para pengusaha untuk mengembangkan usaha mereka. Penggunaan E-Commerce menjadi sangat berkembang seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet. Kemudahan yang ada pada E-Commerce membuat semakin banyaknya pelaku – pelaku yang bergerak di bidang E-Commerce, baik itu para pengusaha, pembeli, dll. E-Commerce banyak diterapkan oleh perusahaan – perusahaan yang masih menggunakan sistem perdagangan konvensional sehingga perusahaan – perusahaan tersebut dapat merasakan manfaat lebih dangan menggunakan E-Commerce.
Penggunaan E-Commerce pada industri otomotif masih jarang ditemui, karena masih banyaknya perusahaan – perusahaan otomotif yang masih melakukan perdagangan secara konvensional. Hal ini sangat disayangkan karena di zaman yang sudah tergolong maju ini industri – industri otomotif masih banyak yang belum mau memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu penjualan produk – produk mereka.
E-Commerce sudah banyak diteliti, misalnya oleh Chaudhury (2002) yang membahas E-Bisnis dan Infrastruktur E-Commerce, Freiden (2006) Yang membahas E-Commerce dari segi hokum, Kessler (2003) studi lanjut tentang pembelian online, NIssanoff (2006) membahas tentang budaya E-Commerce, dan masih banyak yang lainnya.
Dengan ketatnya persaingan usaha di dalam dunia nyata membuat para pengusaha mencari berbagai solusi untuk tetap dapat memasarkan produk – produk mereka sehingga laku di pasaran. Oleh karena itu dibutuhkan E-Commerce yang merupakan sistem perdagangan yang lebih maju dan sudah memanfaatkan teknologi – teknologi yang ada sekarang ini, sehingga para pengusaha tidak hanya mengandalakan usaha dalam dunia nyata saja tetapi juga usaha dalam dunia digital.
Masalah - masalah utama dalam E-Commerce masih sekedar kesalahan – kesalahan yang terjadi akibat human error maupun dari sistem yang ada pada E-Commerce yang sedang berjalan misalnya masih sering terjadi penipuan dengan tujuan untuk mencuri data - data pelanggan.
Dari latar belakang diatas kami tertarik untuk membuat sebuah “Automotif E-Commerce”

2. BATASAN MASALAH
Dalam judul ini, kami akan membahas beberapa masalah yang biasanya terjadi pada E-Commerce Otomotif ini. Di antaranya adalah:
• Pengkategorian produk – produk otomotif yang akan dibuat E-Commerce nya
• Sistem transfer dana elektronik , manajemen rantai suplai , pemasaran Internet , proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis yang harus di pikirkan kembali

3. Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

4. Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai system transaksi adalah:
• Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
• Transaksi on-line yang lembuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
• Menurunkan biaya operasional (operating cost).Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.
• Melebarkan jangkauan (global reach).Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
• Meningkatkan customer loyalty.Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
• Meningkatkan supply management.Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
• Memperpendek waktu produksi.Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:

• Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
• Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
• Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.

Manfaat e-commerce bagi konsumen :
• Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
• Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
• Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
• Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
• Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
• Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
• Electronic commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.

Manfaat e-commerce bagi masyarakat :
• Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
• Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
• Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
• Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.


Manfaat e-commerce bagi bisnis :
• Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
• e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Secara ringkas manfaat / keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :
• Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
• Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
• Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.


dikutip dari makalah:
Ahmad Anies Muttaqien
Acmal Tanjung
Dian Permana
Syafrudin
M.Ali Arafat Waw Gay
Wawan Kurniawan
Ahmad Ilham Nursofyan

SIK B 07
Jurusan Sistem Informasi
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Jakarta
2010

No comments: